Monday, December 17, 2012

Nyeri Perut Kanan Bawah

Pada wanita usia reproduksi (belum menopause), nyeri perut sebelah kanan bawah merupakan tanda "awas". Karena bisa jadi bukan merupakan tanda radang usus buntu, melainkan tanda kehamilan diluar nikah, eh salah, maksud saya kehamilan di luar rahim hehehe. Coba simak contoh ilustrasi pasien di bawah ini.
 
Seorang wanita berumur 24 tahun mengeluh sejak 4 hari merasakan nyeri perut kanan bawah. Pasien tersebut tidak dapat mens yang normal sejak 6 minggu lalu, ia tidak memakai jenis kontrasepsi apapun. Biasanya menstruasinya teratur dengan siklus 28 hari, lamanya 5 hari. Ia juga mengeluhkan keluar flek 2 minggu yang lalu.

Pada saat pemeriksaan dokter, terdapat nyeri saat perut bawah kanan ditekan. Pemeriksaan dengan cocor bebek/ spekulum tampak flek darah yang sangat sedikit. Saat dokter menyentuh mulut rahim dengan jari, ada rasa nyeri. Pemeriksaan rahim dengan USG tampak selaput rahim (endometrium) yang normal, kedua indung telur juga besarnya normal. 

Dokter mencurigai adanya kehamilan di luar kandungan. Lalu tes kehamilan (ß-HCG dalam darah) dilakukan. Pasien positif hamil dan nilai hormon tersebut pada pasien 1300 IU/l. 
 
Para wanita di luar sana harus tau, bahwa jika kadar hormon HCG anda sudah melampaui 1000 IU/l namun tidak tampak pada USG adanya kehamilan, maka dicurigai adanya hamil di luar rahim atau kehamilan tuba. Nah, kalau anda tes hamil, dan hasilnya positif tanpa tanda-tanda di atas, namun si bakal baby belum kelihatan di USG, jangan langsung panik. Pada kehamilan muda, kadang-kadang di USG belum ketahuan. Dokter mungkin menyarankan untuk periksa kadar HCG secara berkala setiap 2 hari atau disuruh datang lagi minggu depan.

Mengapa tanda "awas", karena jika kehamilan di tuba ini terus berkembang dan pecah, perdarahan hebat yang tidak tampak dari luar bisa berakibat fatal. Nyeri perut tadi merupakan sinyal bahwa terjadi peregangan pada tuba dan bisa saja tidak ada darah yang keluar dari vagina.

Kehamilan tuba akan dikeluarkan melalu operasi laparoskopi. Operasi ini sangat unyu, karena dokter tidak membuka lebar2 perut anda dengan pisau bedah, namun dengan sayatan sebesar 1-2 cm saja. Setelah operasi, hormon kehamilan tadi akan dicek ulang sampai hasilnya negatif.

*Mengetahui adanya kehamilan dengan test pack dapat dilakukan 2 minggu setelah berhubungan sex. Lakukan tesnya pada urin pertama di pagi hari yang indah.

2 comments: