Wednesday, October 10, 2012

Ciri kontraksi menjelang persalinan

Assalamualaikum. Artikel ini saya tulis karena terinspirasi dari teman yang sudah hamil cukup bulan dan bingung bagaimana cara mengetahui kontraksi atau mules saat mau lahiran, kapan harus ke rs atau bidan. 

Tipsnya:
- Jika merasa keluar air yang tidak bisa ditahan (bedakan dengan pipis, kalo pipis mau keluar bisa ditahan) segera ke rs, tidak menunggu, walaupun belum ada kontraksi atau mules. Bisa saja itu tanda selaput ketuban pecah. Anda perlu penanganan medis. Ada yang perlu antibiotik, ada yang perlu induksi. Bahaya ketuban pecah yang dikhawatirkan adalah, tali pusat janin keluar ke jalan lahir.

- Jika keluar darah bercampur lendir, jangan panik. Itu normal. Pada persalinan pertama, bagian bawah rahim menipis dulu, baru diikuti dengan pembukaan leher rahim. Jadi darah campur lendir merupakan tanda pembukaan leher rahim. Jika mulas belum teratur, tidak perlu segera ke dokter.

- Ngilu atau nyeri di perut bawah. ini tanda bayi anda sedang berusaha mencari jalan ke dalam panggul. Wajar. Tidak perlu segera ke rs jika mulas belum teratur.

- Mulas atau kontraksi yang asli tandanya apa? Jika anda masih bisa tiduran, atau sedikit memejamkan mata saat kontraksi datang, mulas tersebut belumlah dikatakan kontraksi. Catat jam berapa mulas dimulai, berapa lama mulasnya. Lalu apakah mulasnya sejam sekali? Tak perlu tergesa-gesa ke rs. Perhatikan lagi, apakah sekarang mulasnya lebih sering, berapa kali mulas datang dalam 1 jam? Apakah rasa mulasnya bertambah? Sekarang mulasnya tiap 20 menit sekali, lama mulasnya 10-20 detik, keseluruhan perut mulas, atau disertai punggung nyeri, bolehlah anda ke rs (ini perkiraan saja, tidak dapat dipastikan pada saat ini kapan atau berapa lama lagi anda akan melahirkan).

Tanda-tanda persalinan adalah jika mulasnya simetris pada semua bagian perut, datangnya tiap 5-10 menit, lamanya 30-60 detik, panggul atau bokong nyeri, atau sampai terasaa paha keram, lendir darah keluar, anda secara tidak sadar bernafas lebih cepat lewat mulut.

Jika keluar lendir darah atau cairan pada usia kehamilan di bawah 37 minggu, segera ke dokter, mulas ataupun tidak.

semoga bermanfaat, salam.
-Vetta-

2 comments:

  1. Thanks postingannya sangat membantu...

    ReplyDelete